Monday, April 15, 2013

HPI dan Bisnisku


Sekitar dua tahun yang lalu, aku ingin sekali bergabung dengan 
sebuah himpunan penerjemah untuk meningkatkan motivasi 
dan mencari tambahan ilmu penerjemahan. 

Karena itu, aku mencari-cari sebuah himpunan penerjemah di 
Indonesia melalui google. Mungkin karena kata kuncinya kurang 
tepat atau entah karena apa, hasilnya, aku tidak menemukan 
yang kucari. 

Saat itu, aku sama sekali belum berpikir untuk berbisnis. Mental 
dan hasrat berbisnisku masih bertapa di gua entah. Syukurlah
di saat aku memulai bisnis penerjemahan, aku pun menemukan 
himpunan yang kucari. 

Himpunan tersebut bernama 
Himpunan Penerjemah Indonesia 
yang saat ini diketuai oleh Bp. Djoko Rahadi Notowidigdo atau 
yang lebih populer dipanggil Pak Eddie. Aku mengenal HPI 
melalui mas Nursalam, temanku di FLP-DKI (Forum Lingkar Pena 
DKI Jakarta). 

Setelah melakukan proses pendaftaran dan menunggu, akhirnya 
aku diterima bergabung dengan HPI pada bulan Desember 2012 
dengan nomor keanggotaan HPI-01-12-0609. Tentu aku merasa 
senang dan ingin melonjak :D

HPI memiliki sebuah milis yang sangat bermanfaat, yaitu HPI 
Notice. Dari HPI Notice aku mendapatkan pekerjaan-pekerjaan 
bagus. Salah satunya Samsung Forum yang diselenggarakan di 
Hotel Mulia, Jakarta 27 Feb - 1 Mar 2013 dengan nilai kontrak 
mencapai hampir 100 juta. Ternyata, selain motivasi, ilmu dan 
inspirasi yang luar biasa, HPI juga menjadi pintu masuk bagi 
rezekiku. Alhamdulillah. 

Jadi, pada kesempatan ini, saya (tiba-tiba 'aku' berubah menjadi 
'saya'?) ingin menyapa teman-teman HPI dan mengucapkan terima 
kasih atas motivasi, ilmu dan inspirasi yang dipendarkan. Saya 
jarang berkomentar di FB tapi setiap hari  membaca dan 
mengikuti sebagian besar pertanyaan-pertanyaan yang di-posting. 

Hal yang sangat luar biasa di HPI adalah, setiap pertanyaan yang 
di-posting baik melalui grup FB maupun melalui Bahtera, selalu diberi 
perhatian yang memadai: dijawab dan dibahas dengan serius oleh 
member lain, sehingga keluarlah ilmu-ilmu yang bermanfaat bagi 
yang belum tahu. Saya melihat ini sebagai salah satu kelebihan 
HPI. 

Selain itu, karena para member sebagian suka bercanda, 
maka suasana di grup HPI juga menjadi 'renyah' dan menyenangkan. 
Saya pun suka tertawa atau 'mesem-mesem' sendiri membaca 
komentar-komentar mereka yang lucu.

Akhirnya, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih secara 
khusus kepada Mas Nursalam, Bp. Eddie, Mbk Lila dan Bu Anna, 
Mbak Dina Begum, Nanda san, Mbk Ira, dan Pak Azali. 

Tidak lupa saya mengucapkan turut berbela sungkawa yang 
sedalam-dalamnya atas meninggalnya ayah dari mas Hikgum.
Semoga beliau diberikan tempat terbaik di sisi-Nya dan di-
ampuni segala dosa-dosanya. Aamiin. 

Lampiran: foto-foto acara Samsung Forum 2013. Lebih banyak
               foto di link berikut ini: https://www.facebook.com/media/set/?set=a.10151404332462321.1073741825.616942320&type=3





No comments:

Post a Comment