Thursday, June 27, 2013

ENTERTAINT

Sebuah perusahaan melalui pejabat tingginya menghubungi perusahaan 
pelanggan, sebut saja PT PS, untuk mengundang bermain golf. Tak 
seperti sebelumnya, kali ini, PT PS yang merupakan penggabungan 
dari PT P dengan PT S menolak. Sebabnya adalah, semenjak 
kedua perusahaan tersebut bergabung, telah ditetapkan kebijakan 
untuk tidak menerima entertain dalam bentuk apa pun. Bahkan 
sekadar makan siang di tempat rekanan kerja pun tidak diijinkan lagi. 
Keputusan tersebut disambut rasa salut oleh perusahaan yang 
meneleponnya.

Tapi, kebijakan PT PS ini bagai buih di lautan. Masih banyak perusahaan 
yang menerima entertain atau bahkan ada oknum di perusahaan 
tersebut yang justru meminta entertain. Saya terpaksa memberikan 
contoh-contoh entertain yang di luar batas kewajaran. Bukan untuk 
menebar aib bangsa sendiri, namun sebagai renungan: akankah kita 
begini terus, ataukah kita akan membiarkan ini terus terjadi. Semoga 
hanya manfaat yang bisa dipetik dan jangan sampai tulisan ini justru 
memberi inspirasi buruk. Saya tidak menginginkan hal itu terjadi.

KARAOKE & KLUB
Saat itu saya bekerja sebagai staf akunting. Salah satu pekerjaan 
saya adalah mengecek permintaan pengeluaran uang. Sebuah bon 
bukti pengeluaran uang yang 'ecek-ecek' membuat saya kebingungan 
sebab di sana hanya tertulis nama seorang gadis, sejumlah biaya dan 
bon tersebut jelas sekali bukan bon resmi. Saya sempt tidak mengerti 
nama barang apa yang dibeli. Beberapa tahun kemudian, setelah saya 
'terjebak' di hotel itu, saya baru menjadi paham apa yang saat itu terjadi.

Ketika itu saya sudah bekerja di perusahaan lain. Saya dan atasan sedang 
berkunjung ke cabang. Karena sesuatu hal, saya tidak bisa pulang 
menumpang mobil atasan sehingga harus pulang bersama rekan lain yang 
mendapat fasilitas mobil dari perusahaan. Namun ia harus mengantar 
tamu untuk makan malam terlebih dahulu. 

Saya pun ikut kemana ia harus pergi. Ternyata ke sebuah hotel. Awalnya saya 
tidak 'galau' karena makan di hotel bukanlah hal 'bagaimana-bagaimana' 
bagi saya. Dulu kami pernah makan bersama di hotel saat perpisahan 
Mr. Takahashi. Tapi kali ini kok berbeda, ya?

Kami dibawa masuk ke sebuah ruangan khusus yang ternyata ruangan 
karaoke private. Kami makan di dalam ruangan remang itu. Saya dan 
rekan saya gelisah, ingin cepat pulang tapi makan malam belum datang. 
Kami tahu tak bisa pergi sebelum setidaknya makan malam bersama. 

Sambil menunggu makanan, beberapa orang menyanyi, lainnya mengobrol 
dan saya mengirim sms ke sahabat saya, 'melaporkan' nasib yang saya alami.
Dia menyuruh saya cepat-cepat pulang dan mem'warning' saya untuk tidak 
dekat-dekat dengan pelanggan seperti itu. Saya berbisik ke rekan saya, 
mengajaknya cepat-capat pulang, ia yang juga resah mengatakan, "Setelah 
makan kita akan pulang, biar saja pelanggan diurus (rekan) yang laki-laki".

Maka, setelah pesanan datang, kami segera makan dan pamit pulang, 
meninggalkan empat orang pelanggan yang masing-masing ditemani satu 
perempuan muda. Usia perempuan penghibur tersebut sekitar usia anak 
kuliah. Mereka tak banyak bicara, hanya duduk di samping pelanggan 
sambil mengepulkan asap rokok. 

Pagi harinya, saya tanya pada rekan kerja, sampai jam berapa acara 
semalam? Mereka bilang tidak tahu, sebab kami tinggalkan tamu pada 
jam sekian. Cerita ini saya cukupkan sampai di sini karena tentu saya 
tidak tahu lagi apa yang terjadi. Tapi yang pasti saya masih punya 
cerita lain tentang entertain di tempat Karaoke. Tapi karena hal ini 
cukup sulit untuk diceritakan kembali, saya akan beralih ke cerita lain.

Cerita ini disampaikan langsung kepada saya oleh narasumbernya. 
Dia adalah pejabat penting di suatu perusahaan. Berbagai bentuk 
entertain ia terima sejak menjabat, salah satu di antaranya adalah 
pergi ke klub yang dalam seminggu menghabiskan dana puluhan juta 
rupiah. 

Ada juga perusahaan yang demi menjaga nama baik perusahaan 
menetapkan aturan untuk tidak menerima entertain termasuk tidak 
boleh menerima parcel. Perusahaan tersebut mengadakan 
kampanye 0 Corruption dan menganggap entertain adalah bagian 
dari korupsi. Jadi, kalau ada karyawannya yang menerima atau 
meminta entertain, berarti karyawan tersebut yang 'nakal'. 

Apakah ada karyawan yang demikian? Sayangnya ada. Tanpa rasa 
malu ia meminta diajak ke karaoke, kalau bisa setiap bulan katanya. 
Bukan hanya kepada satu orang di perusahaan rekanan yang ia mintai, 
tapi ke kepala divisi di departeman Engineering, Delivery, Kualitas dan 
bahkan ke Assistant GM.

Baiklah, saya cukupkan cerita tentang entertain, semoga ini cukup 
menjadi bahan renungan kita. 

No comments:

Post a Comment